Waspada Terhadap Penyakit Ayam Aduan yang Mematikan

penyakit ayam aduan yang mematikan

Agen Sabung Ayam Online – Waspada Terhadap Penyakit Ayam Aduan yang Mematikan. Berbagai jenis penyakit virus mudah sekali menular pada hewan unggas dan di antaranya banyak yang ditakuti peternak karena keganasannya. Hingga saat ini obat yang efektif untuk menyembuhan penyakit yang disebabkan oleh virus belum ditemukan.

Ayam memang mudah untuk diternak, tetapi juga sangat rawan terhadap penyakit. Di antara berbagai macam penyakit menular yang mengancam, penyakit menular yang disebabkan oleh virus menjadi jenis penyakit yang paling ditakuti. Virus bentuknya lebih lembut dari bakteri, karena virus bisa lolos dari saringan bakteri. Ia tak bisa dilihat menggunakan mikroskop biasa. Untuk dapat melihatnya secara jelas diperlukan foto menggunakan mikroskop elektron.

Penyakit virus sangat mudah menular, baik secara kontak langsung maupun melalui perantara. Misalnya melalui udara, makanan, air minum, dan alat-alat ternak yang tercemar. Jenis penyakit akibat virus yang sering merugikan peternak ayam antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tetelo aias ND (New Cattle Desease)

Penyakit ini disebabkan oleh virus golongan Paramixovirus. Keganasan penyakit ayam ini tergantung dari tipenya. Penyakit ini menyerang bagian alat pernafasan, susunan jaringan syaraf, dan juga alat-alat reproduksi telur. Penyakit yang ganas akan menular dengan cepat dan seringkali menyebabkan kematian secara mendadak.

2. Cacar unggas alias Fowl Pox

Adalah penyakit ayam pada kulit (bercak-bercak) yang disebabkan oleh virus Borreliota avium. Penyakit ini menyerang rongga mulut, daerah sekitar mata, hulu tenggorokan, jengger dan pial. Selain melalui kontak langsung, penyakit ini bisa menular melalui perantara nyamuk dan lalat.

Baca Juga : 

3. Leukosis

Merupakan penyakit tumor menular pada ayam yang bersifat menahun. Penyakit ini disebabkan oleh virus leukosis. Gejala awal dimulai dengan pertumbuhan abnormal pada sel-sel darah putih. Jika tumor menyerang jaringan syaraf, maka dapat menimbulkan kelumpuhan pada leher, kaki dan sayap. Dan jika menyerang mata dapat membuat bentuk mata menjadi tidak normal, rabun atau buta. Jika penyakit menyerang organ ayam bagian dalam akan membuat ayam aduan berjalan tegak seperti itik (penyakitnya disebut big liver disease). Akibatnya hati ayam akan membengkak 3 – 4 kali normal, kotorannya menjadi encer, tubuhnya kurus, jengger serta pial pucat berkerut.

4. Lumpuh marek

Adalah penyakit ayam lumpuh yang disebabkan virus herpes. Penyakit ini menyerang anak ayam yang berumur 1-5 bulan. Gejalanya ditandai dengan kejang lumpuh (kaki satu ke depan dan kaki lainnya kebelakang). Selain itu juga menyebabkan pembesaran yang mencolok di saraf dan timbul tumor pada organ dalam, otot dan kulit.

5. Gumboro alias infectious bursal disease

Penyakit ayam aduan yang menyerang bursa fabricii (kelenjar bulat yang terletak di atas kloaka), disebabkan oleh virus gumbaro. Anak ayam berumur 1-12 hari yang terkena penyakit ini tanda-tandanya tak begitu nampak. Tetapi pada anak ayam berumur 3-6 minggu akan terlihat gejala yang khas. Anak ayam akan tampak lesu, mengantuk, bulunya mengkerut, bulu di sekitar dubur kotor, mencret berwarna keputih-putihan, dan posisi duduk dengan sikap membungkuk. Anak ayam suka mematuki duburnya, sehingga menimbulkan luka dan juga pendarahan. Ayam yang mati bangkainya akan sangat cepat membusuk.

6. Salesma ayam alias infectious laryngotracheitis

Penyakit ayam aduan ini disebabkan virus avium. Menyerang bagian saluran pernafasan. Gejalanya adalah sesak nafas, batuk-batuk, mata dan hidung radang berair, serta sulit bernafas karena adanya lendir berdarah di dalam rongga mulut. Bila benafas kepalanya ditegakkan, dan pada waktu mengeluarkan nafas kepalanya ditundukkan dengan mata yang terpejam. Penyakit ini bersifat akut.

Obat yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit karena virus sampai saat ini belum ada. Tetapi pengobatan dengan antibiotik atau kombinasi dengan obat lain tetap diperlukan. Ini untuk mencegah terjadi komplikasi dengan penyakit ayam yang lain.

Dan karena belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit virus, alangkah baiknya peternak melakukan tindak pencegahan. Caranya dengan melakukan pemeliharaan ayam dengan baik, melaksanakan vaksinasi di saat yang tepat dan hindarkan terjadinya stress pada ternak.

Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam penghobi sabung ayam.

Dapatkan Promo – Promo menarik dari LION303