Panduan Lengkap Pemberian Air Minum Pada Ayam Bangkok Aduan

Panduan Lengkap Pemberian Air Minum Pada Ayam Bangkok Aduan

 

Agen Sabung Ayam Online¬†–¬†Panduan Lengkap Pemberian Air Minum Pada Ayam Bangkok Aduan. Tahukah sobat penghobi ayam petarung bahwa ayam laga yang kekurangan air minum aau mineral akan stress berat? Selengkap-lengkapnya kandungan gizi pakan ayam, tetapi jika tanpa air maka semuanya akan sia-sia. Air berfungsi melunakkan makanan di dalam proses pencernaan, membawa makanan ke pusat pencernaan, mengedarkan sari-sari makanan serta mengeluarkan bahan yang tak berguna lagi dan membantu mengatur proses metabolisme dan temperatur tubuh.

Air adalah komponen penyusun dari tubuh anak ayam laga dengan persentase paling besar yaitu 85% dan persentase ini akan sedikit menurun ketika anak ayam tumbuh dewasa, menjadi 60%. Pada saat masih telur, persentase air mencapai sampai 70%. Setiap organ tubuh ayam sebagian besar terdiri dari air yaitu otot 75 sampai 80%, darah 83%, otak 75%, bahkan di dalam tulang persentase kandungan airnya mencapai 20%. Dari data itu, bisa kita perkirakan jika air di dalam tubuh anak ayam aduan dihilangkan maka berat badan dari anak ayam hanya +- 6 gram. Berat badan anak ayam normal umumnya 40 gram per ekor. Dari angka dan juga persentase ini dapat kita ketahui kalau air memiliki fungsi dan peran yang sangat penting.

Baca Juga :

Khusus untuk ayam laga betina, jika kekurangan air minum maka telur yang di hasilkan akan cenderung menurun. Kualitas air minum yang bersih dan sehat akan membuat ayam laga lebih bertenaga dan tahan terhadap penyakit. Karena selama ini banyak peternak ayam yang kurang memperhatikan kualitas dari air yang diberikan ke ayam, misalnya dengan membiarkan ayam minum dari air selokan. Cara seperti ini harus ditinggalkan karena ayam bangkok aduan lainnya cukup peka terhadap kualitas air yang kotor.

Ayam bangkok aduan yang kelebihan air juga bisa berdampak negatif. Jika kita terlalu banyak memberikan air pada ayam laga bisa menurunkan nafsu makannya, otot ayam laga menjadi lemas, lembek serta kurang tenaga karena kekurangan zat penting yang harusnya didapat dari pakan.

Karena itu alangkah baiknya kalau pemberian air selalu dikontrol keseimbangannya. Perbandingan untuk pemberian pakan dan air minum setiap hari bisa 1:3, 1 untuk pakan dan 3 untuk air. Perbandingan ini wajib diperhatikan dengan baik karena pemberian air minum yang terlalu banyak dapat menurunkan nafsu makan dan juga otot-ototnya menjadi lembek, sebaliknya ayam yang kekurangan air bisa mengalami pertumbuhan yang lambat, gangguan metabolisme, kanibalisme dalam kandang, lesu, sesak nafas, dan sering gelisah. Sekali lagi pemberian air minum yang berkualitas dan bersih pada ayam petarung sangat penting dikontrol untuk menghindari hal-hal itu.

Dapatkan Promo – Promo menarik dari LION303