Ciri Lengkap Ayam Birma Asli dan Hasil Kawin Silang

https://www.lion303.id/wp-content/uploads/2018/05/sabung-ayam.jpg

Agen Sabung Ayam Online – Ciri Lengkap Ayam Birma Asli dan Hasil Kawin Silang. Ayam birma, ayam burma, ayam myanmar / ayam pama adalah sebuah sebutan untuk ayam liar atau ayam kampung yang asalnya dari negara burma (sekarang bernama myanmar).

Ciri Lengkap Ayam Birma Asli dan Hasil Kawin Silang

Beberapa tahun belakangan ini jenis ayam burma menjadi populer karena jenis ayam ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh ayam bangkok, ayam saigon, maupun ayam bangkok lokal. Keunggulan dimiliki oleh ayam birma ini membuatnya berpeluang besar untuk mengalahkan ayam bangkok, ayam vietnam, dan ayam bangkok lokal.

Ciri – Ciri Fisik Ayam Birma Asli

– Ayam bima asli mempunyai bentuk serta ukuran tubuh yang termasuk kecil, beratnya berkisar 2 hingga 2,50 kg.
– Tulang Ayam birma lebih kecil dan lebih tipis jika dibandingkan dengan ayam jenis lain.
– Umumnya terlihat seperti ayam siam (kawinan ayam bangkok dengan ayam kampung), dimana terkadang telinganya agak besar, terkadang ada pial (jenggot), matanya kurang cekung, paruhnya kecil, badannya kurang kekar.
– Warna bulu umumnya warna yang tanggung (kurang matang).
– Matanya melotot, terlihat seperti mata ayam aduan yang ganas, lebih ganas dari ayam bangkok dan saigon.
– Badannya memiliki banyak bulu, bulu sayapnya tebal dan panjang
– Ayam burma yang asli masih ada tanda berwarna putih di kupingnya sebagai bukti kalau ayam itu jenis ayam liar

Secara sekilas dari ciri fisiknya, tak tampak tanda – tanda kehebatan dari ayam itu, kecuali matanya yang terlihat melotot (menandakan ayam itu ganas). Sebenarnya kehebatan ayam birma terletak pada teknik serta gaya bertarungnya.

Ciri Fisik Ayam Birma Hasil Kawin Silang

Ukuran badan yang kecil serta tulang yang tipis, menjadi kelemahan Ayam Birma. Hal itu membuat jenis ayam ini banyak dikawin silang dengan ayam bangkok atau ayam vietnam. Hasil kawin silang dengan ayam aduan jenis lain juga untuk memperbaiki warna bulunya. Sehingga warna bulu bisa lebih matang seperti ayam bangkok atau ayam vietnam. Tetapi kawin silang ayam birma bisa mengurangi keunggulan tekinik atau gaya bertarung ayam birma. Berikut ini ciri fisik ayam birma hasil kawi silang.

– Jika kawin silang jenis ayam birma (75%) – thailand (25%), maka ukuran tubuhnya menjadi lebih besar, tapi masih di bawah 3,00 kg.
– Jika kawin silang jenis ayam birma (50%) – thailand (50%), maka ukuran tubuhnya bisa mencapai 3 kg, dengan struktur tulang yang lebih bagus.
– Jika kawin silang jenis ayam burma (25%) – thailand (75%), maka ukuran tubuh bisa mencapai 3,00 kg ke atas. Dan ini sebenarnya sudah termasuk ayam bangkok uprade karena lebih dominan ayam bangkok daripada ayam burma.

Demikianlah artikel tentang ciri khas ayam birma asli dan hasil kawin silang dengan jenis ayam bangkok. Semoga bisa bermanfaat untuk lebih mengenal ayam birma asli dan hasil kawin silang.

Dapatkan Promo – Promo menarik dari LION303