Ciri Khas Ayam Siam dan Keunggulannya Yang Jarang Diketahui

Ciri Khas Ayam Siam

Sabung Ayam Online – Ciri Khas Ayam Siam dan Keunggulannya Yang Jarang Diketahui. Disebut Ayam Siam karena jenis ayam ini memang berasal dari Kerajaan Siam di Thailand. Untuk mengetahui asal-usul dari jenis Ayam Siam ini, kita harus terlebih dahulu menelusuri asal nama Siam itu sendiri. Siam adalah sebutan untuk suatu daerah di Kerajaan Thailand, mulai dari Thailand Utara, Tahiland Barat, dan Timur sampai ke perbatasan kerjaan Khmer dan Malaysia.

Ciri Khas Ayam Siam dan Keunggulannya Yang Jarang Diketahui

Jadi secara umum ayam jenis ini berasal dari negara Thailand sama seperti ayam Bangkok, tapi kenapa ayam jenis ini tidak setenar ayam Bangkok?

Ayam Bangkok Murni adalah ayam trah khusus yang dikembangbiakkan oleh para ilmuwan dari negeri Gajah Putih yang proses pembibitannya juga tidak sembarangan. Babon dan Pacek yang digunakan harus galur murni / trah ayam Bangkok sehingga tidak tercampur dengan galur / trah lain.

Sedangkan Ayam Siam adalah ayam campuran dari trah Ayam Bangkok dengan ayam kampung / lokal daerah itu, sehingga menghasilkan ayam aduan dengan teknik yang berbeda. Ayam siam juga telah menyebar di hampir seluruh wilayah indonesia. Dan umumnya masyarakat menyebut ayam siam ini sebagai ayam kampung siam.

Ayam siam juga menjadi salah satu ayam petarung yang banyak di budidayakan di Indonesia. Ayam jenis ini akan menjadi petarung yang tangguh jika dilatih secara khusus. Dan untuk kualitas teknik dari ayam siam ini juga sangat menarik karena cenderung mempunyai banyak teknik bertarung yang variatif. Ciri khas utama dari ayam siam ialah postur tubuhnya yang kekar dan juga tegak serta memiliki tulangan yang besar. Ayam jenis ini juga mempunyai kaki yang kuat dan stamina yang baik dan tahan lama ketika bertarung, karena itu ayam siam ini cukup banyak penggemarnya.

Keunggulan Ayam Siam

Sesuai ulasan kami di atas, ayam aduan jenis siam ini lebih dominan dan memiliki pukulan keras yang sangat menyakitkan. Memiliki mental baja yang pantang menyerah walaupun sedang dalam situasi atau keadaan terdesak serta terluka parah. Ayam jenis ini akan terus melanjutkan pertarungannya sampai titik darah penghabisan. Inilah yang menjadi kelebihan ayam siam ketika bertarung di arena sabung ayam. Kelebihan lain dari jenis ayam siam adalah mempunyai teknik bertarung yang variatif. Sehingga jenis ayam aduan ini mampu mencari celah kosong untuk melontarkan pukulan yang keras. Tentu saja dengan pukulan yang kuat dan keras kemungkinan besar lawannya yang terkena akan segera tumbang.

Baca Juga :

Menurut pengamatan kami dan para penghobi ayam laga di lapangan, ayam bangkok yang masih muda tidak berani dengan ayam aduan jenis siam yang lebih tua darinya.

Dan kemungkinan besar ayam bangkok muda itu akan meronta ketakutan, memang hal yang tergolong aneh dan juga kurang masuk akal. Lain halnya jika ayam bangkok muda itu kita hadapkan dengan jenis ayam aduan lain, tidak peduli usia dan besar kecil ukuran badan pasti akan berani bertarung.

Perawatan ayam siam ini juga tergolong mudah. Untuk melakukan perawatan ayam jenis ini sama seperti ayam bangkok pada umumnya / ayam aduan lainnya. Misalnya latihan jajal tarung, mandi jemur, olahraga fisik, dan khusus pemberian pakannya lebih banyak yang memiliki kandungan karbohidrat serta protein untuk bisa mengimbangi tenaga yang di keluarkannya. Karena pukulan kerasnya sangat memerlukan tenaga yang besar. Selain itu, ayam jenis ini tergolong ayam petarung yang sangat agresif, maka ia cenderung cepat lelah, jadi asupan makanannya harus sangat diperhatikan.

Doping, vitamin, dan suplemen juga wajib diberikan 3 – 5 hari sekali, apalagi kalau ayam siam sudah mulai diturunkan ke arena sabung ayam. Pemberian suplemen serta jamu juga harus dilakukan secara teratur supaya dihasilkan ayam siam berkualitas juara.

Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam penghobi sabung ayam.

Dapatkan Promo – Promo menarik dari LION303