Cara Rahasia Menumbuhkan Bulu Ayam Aduan Dengan Cepat

bulu ayam aduan

Agen Sabung Ayam Online – Cara Rahasia Menumbuhkan Bulu Ayam Aduan Dengan Cepat. Cara merontokkan serta menumbuhkan bulu ayam bangkok aduan merupakan trik yang banyak dilakukan oleh para penghobi ayam, khususnya penghobi ayam petarung. Karena dengan melakukan trik merontokkan bulu ayam tersebut, maka ayam jagoan Anda akan memiliki penampilan yang berbeda baik secara fisik maupun performanya. Ayam aduan dengan bulu – bulu yang lebih sempurna akan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan ayam aduan dengan bulu yang rusak.

Cara Rahasia Menumbuhkan Bulu Ayam Aduan Dengan Cepat

Ada 2 alasan merontokkan bulu ayam aduan, yaitu merontokkan bulu ayam aduan yang sedang mabung (dalam bahasa jawa disebut bodol) dan merontokkan bulu ayam aduan yang belum saatnya untuk mabung dengan tujuan untuk memperbaiki penampilannya, bahkan bisa merubah penampilan ayam menjadi seperti ayam muda. Cara cepat dalam merontokkan bulu sangat penting bagi para pecinta sabung ayam yang memiliki bulu – bulu yang rusak parah karena ayam sering diadu. Dengan cara perontokan bulu yang cepat dan tepat, maka akan sangat memudahkan perawatan bulu dari ayam aduan tersebut (tidak sampai berbulan – bulan bahkan mencapai 6 bulan lebih).

Baca Juga :

Untuk bulu – bulu ayam aduan muda jika ada bulu sayap yang rusak atau patah lebih baik jangan dicabut karena hal tersebut akan membuat proses pertumbuhan bulu menjadi lebih lama. Karena bulu sayap ayam akan tumbuh sekitar 3 – 4 bulan dan hal ini akan mengganggu aktifitas ayam bahkan dapat membuat ayam menjadi sulit beristirahat. Karena sayap – sayap yang lain akan rontok kalau ayam terlalu lama ayam beristirahat (masa menunggu tumbuhnya bulu dari proses pencabutan tersebut).

Berikut ini cara cepat untuk merontokkan dan menumbuhkan bulu ayam aduan, baik ayam yang sedang mabung ataupun ayam muda yang bulu sayapnya rusak :

Persiapan yang perlu Anda siapkan sebelum Anda melaksanakan proses perontokan serta penumbuhan bulu ayam adalah sebuah sangkar yang memiliki diameter kurang lebih 1m, ragi (bahan untuk fermentasi), terasi, dan penumbuh bulu.

Setelah semua bahan – bahan yang diperlukan sudah siap, langkah selanjutnya adalah proses perontokkan bulu ayam yang dapat Anda simak seperti berikut ini:

Proses Perontokkan Bulu Ayam Bangkok Aduan

Sebelum ayam aduan dimasukkan ke dalam sangkar, mandikan ayam bangkok aduan dengan ragi sebagai shampo/sabunnya, lalu masukkan ayam ke dalam sangkar yang telah Anda persiapkan dengan cara membasahi terlebih dahulu tanah di dalam sangkar tadi. Lalu buat tempat ayam beristirahat menjadi sebasah atau sebecek mungkin, lebih bagus jika ayam aduan mau mandi di tempat yang becek itu. Kondisi yang seperti itu akan sangat berguna untuk mempertua bulu dan mempercepat proses perontokkan bulu ayam.

Setelah ayam aduan dimasukkan ke dalam sangkar yang becek itu, jangan lupa ayam diberi makan terasi. Pemberian terasi bertujuan untuk menghangatkan tubuh ayam bangkok aduan sehingga membuat proses perontokkan menjadi lebih cepat.

Setelah kedua tahap itu dilaksanakan, tutup sangkar itu dengan rapat, bisa dengan menggunakan selimut atau bahan kain lain yang dapat menghangatkan tubuh ayam aduan di malam dan siang hari. Jangan sekali sekali membuka tutup tersebut sebelum 7 hari, membuka tutup dilakukan ketika akan memberi makan saja.

Proses Penumbuhan Bulu Ayam Bangkok Aduan

Setelah tahap perontokkan bulu di atas selesai (setelah 7 hari) segera tempatkan ayam aduan ke dalam kandang yang tak terkena sinar matahari lalu ayam diberi obat penumbuh bulu (bukan perontok bulu). Bisa memakai obat penumbuh bulu yang biasa dipakai orang untuk menumbuhkan bulu burung. Setelah semua tahap selesai dilakukan, dalam waktu kurang lebih 1 bulan bulu – bulu ayam akan rontok semua dan mulai berganti dengan bulu – bulu baru. Proses penumbuhan bulu ayam bangkok aduan bisa berjalan lebih cepat jika ayam aduan diberi asupan nutrisi yang baik.

Semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.

Dapatkan Promo – Promo Menarik dari Lion303, Klik Disini