7 Manfaat Unik Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

7 Manfaat Unik Daun Sirih

Sabung Ayam Online –  7 Manfaat Unik Daun Sirih Untuk Ayam Aduan. Apakah Anda sudah tahu manfaat tersembunyi daun sirih untuk ayam bangkok aduan? Ternyata daun sirih memiliki manfaat untuk ayam aduan walau sekarang lebih banyak digunakan untuk ayam kampung.

Seperti bahan alami yang lain, daun sirih adalah tanaman obat yang manjur untuk mengobati penyakit. Tidak hanya untuk ayam bangkok aduan saja, manusia juga menggunakan daun sirih untuk keperluan pengobatan tradisional. Berikut ini akan kami sajikan penjelasan mengenai kegunaan daun sirih untuk ayam bangkok:

1. Sebagai antiseptik dan antibiotik untuk ayam bangkok aduan.

2. Daun sirih muda bisa berguna untuk membuat nafas ayam aduan menjadi panjang. Cara pemberiannya dengan cara ditumbuk lalu dilolohkan ke ayam aduan.

3. Untuk mengobati pendarahan / luka. Daun sirih sering digunakan untuk ayam yang terluka karena bertarung, kanibalisme, ataupun luka karena masalah kandang. Daun sirih juga cocok diberikan usai ayam diadu (biasanya mata ayam menjadi sedikit kering & berdarah). Mata ayam bisa kembali cerah dan bening dengan memberikan air daun sirih. Anda juga bisa mengobati pendarahan atau menutup luka pada ayam dengan memakai daun kelor.

4. Berfungi sebagai pestisida alami. Kegunaan daun sirih yang lain adalah daun sirih bisa dijadikan sebagai obat semprot kandang ayam yang dicampurkan dengan obat lainnya. Biasanya daun sirih dicampur untuk menyemprot kandang tempat bertelur ayam agar terbebas dari hama seperti nyamuk.

Baca Juga :

5. Berfungsi untuk menghilangkan bau kotoran ayam. Memang daun sirih tidak terlalu ampuh untuk bisa menghilangkan bau kandang ayam karena kotorannya, tapi daun sirih berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri pada ayam. Selain bau kotoran ayam berkurang, si ayam akan menjadi lebih sehat.

6. Berguna sebagai pakan ayam organik. Daun sirih sangat aman untuk dikonsumsi manusia maupun hewan, khususnya ayam bangkok aduan.

7. Menghilangkan ngorok pada ayam bangkok aduan. Daun sirih juga bisa mengobati penyakit ngorok pada ayam aduan. Caranya dengan memberikan air rebusan daun sirih pada ayam yang ngorok selama jangka waktu 1 bulan. Hal ini sudah banyak terbukti. Rebusan daun sirih yang dicampur dengan jeruk nipis dan air hangat.

Daun sirih juga bisa digunakan untuk bagian luar maupun bagian dalam tubuh ayam bangkok aduan. Jika Anda menggunakan daun sirih untuk bagian luar ayam bangkok, Anda dapat langsung menumbuknya kemudian dicampur dengan air. Tapi jika daun sirih akan dicampur dengan pakan atau air minum, maka disarankan untuk memasaknya dahulu. Kalau pemberian daun sirih untuk dicampur pakan atau air minum tidak direbus dulu, ayam dapat mengalami keracunan. Hal ini sudah pasti akan membuat Anda rugi, paling parahnya ayam kesayangan bisa menjadi gila. Dosisnya cukup 1/2 daun sirih berukuran besar. Pemberian daun sirih untuk pakan atau air minum disarankan diberikan pada ayam yang telah dewasa.

Selain daun sirih sangat mudah untuk didapatkan, daun sirih banyak memiliki manfaat untuk ayam bangkok aduan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Demikian sajian kami tentang 7 manfaat unik daun sirih untuk ayam aduan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Dapatkan Promo – Promo menarik dari LION303